Berbeda dengan metode marketing tradisional, digital marketing memiliki banyak dimensi yang digunakan. Mulai dari target pemasaran, waktu dan biaya, dan juga cara berkomunikasi. Berbagai macam dimensi tersebut memberikan efektivitas dan efisiensi yang lebih baik. Bahkan seorang digital marketer bisa mendapatkan profit yang berlipat-lipat daripada tradisional marketing.

Digital marketing memanfaatkan media internet untuk menjangkau pasar. Konsekuensi penggunaan media internet ini tentu saja akan mampu menjangkau setiap personal secara lebih efektif. Dengan media internet ini pula lebih banyak strategi yang bisa diterapkan, biaya yang lebih murah, dan tentunya juga efektivitas promosi yang lebih baik daripada marketing tradisional.

Berikut kami sajikan perbedaan mendasar antara digital marketing dengan tradisional marketing. Pemahaman mengenai perbedaan ini akan memberikan dorongan yang besar bagi para pengusaha untuk segera meninggalkan metode lama, dan mengubah orientasi pemasaran agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang lebih baik.

Perbedaan Target Pemasaran

Kondisi sosial masyarakat di era teknologi digital seperti sekarang ini berubah sangat drastis. Hal ini dipengaruhi oleh teknologi internet yang bisa diakses oleh setiap orang di seluruh dunia ini. Internet menjelma menjadi media yang mampu menjangkau tempat yang tak terbatas. Tidak ada lagi batasan daerah, bahkan produk yang Anda jual bisa dilihat di negara lain, di seluruh dunia. Hal ini tentu saja bisa memperluas target pemasaran hingga berpuluh-puluh kali lipat dari marketing tradisional.

Marketing tradisional sendiri lebih memanfaatkan metode yang terbatas pada waktu dan tempat yang sama. Seperti halnya ketika Anda menawarkan produk pada beberapa media marketing tradisional seperti TV, radio, papan reklame, pamflet, atau lain sebagainya. Media-media konvensional tersebut hanya bisa diterima oleh orang-orang yang pada waktu dan tempat yang terbatas. Sehingga target pemasaran sangat terbatas pada lokalitas tertentu. Semakin besar target yang dikejar, maka Anda harus memasang banyak iklan di berbagai tempat yang lebih luas. Hal inilah yang membedakan target marketing pada metode konvensional atau tradisional dengan metode pemasaran digital.

Perbedaan dalam Penggunaan Biaya dan Waktu

Secara tradisional untuk memasarkan sebuah produk Anda harus mengurus banyak hal. Mulai dari perizinan, daftar antrean dalam memasang iklan, dan juga pembuatan iklan yang relatif membutuhkan waktu yang panjang. Berbagai macam hal tersebut juga berpengaruh pada biaya yang harus Anda keluarkan dalam memasang iklan secara konvensional. Sehingga biaya dan waktu yang Anda butuhkan lebih besar. Hal ini juga membuat target yang Anda tetapkan untuk mendapatkan informasi terkait dengan iklan Anda juga sangat terbatas.

Berbeda tentunya dengan marketing digital ketika Anda gunakan dalam strategi pemasaran produk Anda. Dimana Anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama ketika membuat iklan tersebut. Hal itu dikarenakan semua hal bentuk iklan yang akan digunakan dalam bentuk digital. Pembuatannya itupun juga tidak membutuhkan biaya yang relatif mahal. Kaitannya dengan waktu pemasangan iklan bisa dilakukan kapanpun Anda inginkan. Bahkan iklan Anda bisa terpampang setiap hari tanpa ada jeda waktu penayangan. Efektivitas pemasaran melalui metode digital marketing ini lebih efektifdan efisien karena mampu memangkas semua biaya yang harus dikeluarkan seperti pada metode konvensional.

Cara Berkomunikasi dengan Masyarakat

Interaksi dua arah bisa dijalankan pada metode digital marketing. Seperti ketika Anda menggunakan media sosial sebagai media promosi, email, website, dan juga jenis media digital lainnya. Respon dari konsumen bisa langsung dilihat dan hal itu tentunya Anda bisa menemukan berbagai macam kekurangan yang ada pada produk Anda. Informasi terkait dengan reaksi dari konsumen ini sangatlah penting. Dengan informasi tersebut Anda bisa menganalisis berbagai macam strategi yang harus Anda lakukan setelah mendapatkan informasi tersebut. Hasil dari analisis dan evaluasi tersebut tentunya akan memberikan strategi baru yang lebih efektif.

Itulah keunggulan digital marketing yang tentunya sangat berbeda ketika Anda menggunakan metode konvensional dalam mempromosikan produk Anda. Dengan metode konvensional masyarakat yang melihat iklan Anda tidak akan pernah diketahui apa yang mereka rasakan, apakah mereka benar-benar mempunyai rasa ketertarikan yang tinggi, seberapa puas produk yang sudah dibeli, dan lain sebagainya. Metode konvensional seperti ini harus segera dialihkan agar Anda bisa mengembangkan usaha lebih efektif dan efisien, dan digital marketing adalah metode yang paling tepat.