Di era modernisasi ini, pangsa pasar semakin melonjak, kebutuhan marketing semakin urgent. Namun SDM yang berkualitas harus dibangun dan dilatih secara baik tidak dalam waktu yang singkat. Namun, tahukah anda bahwa berkarir sebagai spesialis Digital Marketing tidaklah sesulit menjadi Marketing Executive pada umumnya?

Nah, bagi anda yang masih meragukan kemampuan digitalisasi dan kemampuan penjualan pada diri anda, maka ada beberapa kemudahan dalam mempelajari teknik-teknik pemasaran digital yang tidak memerlukan waktu yang lama, serta siapapun bisa mempelajarainya meski orang dengan tipikal introvert sekalipun.

Ini Dia! Keunggulan berkarir di dunia digital marketing, tunggu apalagi?

  • Memanfaatkan sosial media

Siapa di dunia ini yang tidak mengenal sosial media sepeti facebook, twitter, Instagram? Rasanya tidak ada ya kecuali keturunan kakek nenek kita terdahulu. Nah coba kita hitung dalam sehari kita menghabiskan waktu seberapa banyak untuk berselancar di sosial media? 5 jam? 10 jam? Atau bahkan seharian? Nah daripada menghabiskan waktu hanya untuk sesuatu yang sia-sia, manfaatkanlah sosial media kita untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

  • Cocok untuk marketing pemula

Bagi yang belum pernah terjun di dunia marketing, platform digital boleh dijajaki sebagai pemula, anda bisa baca dan search berbagai tips dan trik untuk berkreasi di jejaring sosial.

  • Tidak membutuhkan pengalaman dan jam terbang

Kalau marketing executive di suatu perusahaan membutuhkan pengalaman dan jam terbang yang tinggi serta jaringan yang luas, maka tidak dengan marketing digital. Bagi kalian yang merasa tidak punya banyak jaringan, introvert, lebih sering di rumah, jangan khawatir! Yang anda butuhkan hanya online, waktu luang, dan kreatifitas karena burung tidak akan terbang tinggi kalau tidak pernah mencoba untuk terbang.

  • Siapapun bisa melakukannya

Profesi ini cocok bagi siapapun, tidak terbatas usia, jenis kelamin, profesi, pengangguran, mahasiswa, bahkan anak SD pun kalau sudah mengerti boleh-boleh saja lho! Intinya tetap harus belajar bagaimana menjadi seorang digital marketing yang handal.

  • Membangun jaringan yang lebih luas

Salah satu manfaat menjadi spesialis marketing digital adalah membangun jaringan juga lho! Karena tak dipungkiri jutaan manusia di dunia saat ini menggunakan sosial media, yang artinya kita dapat membangun jaringan hingga jutaan manusia di dunia maya. Dari dunia maya bisa berlanjut ke dunia nyata bukan?

  • Marketplace gratisan juga patut dicoba

Seperti yang kita ketahui banyak sekali marketplace gratisan bertebaran, saat ini startup uniqorn seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, semuanya masih free untuk para pengusaha pemula. Jika selama ini anda hanya sebagai pembeli yang hobby belanja online, coba yuk sekarang menjadi penjual. Jual dan promosikan produk anda ataupun klien anda di marketplace terbesar mulai sekarang!

  • Semakin berkembangnya permintaan menjadi vendor digital marketing

Kenapa banyak sekali perusahaan yang mengandalkan vendor atau pihak ketiga untuk mengurus kebutuhan digital marketing mereka? Padahal bisa saja mereka mengambil SDM dan dipekerjakan di perusahaan sebagai admin sosial media. Eits, ternyata tidak sesimple itu untuk menjadi seorang digital marketer. Butuh teknik dan kreatifitas yang mumpuni agar dapat menaikkan omzet perusahaan dengan cepat dan tepat. Mereka akan rela mengeluarkan budget tinggi asal hasil memuaskan. Daripada harus mengajari SDM yang tidak kompeten di bidangnya.

  • Penghasilan yang setara dengan marketing in house

Sebagaimana yang kita ketahui, profesi sebagai marketing identik dengan orang kaya, atau orang yang banyak uang, atau anak sultan haha. Ya karena pada marketer itulah perusahaan menyerahkan nyawanya, merekalah pion utama yang membuat perusahaan terus bangkit alias merekalah pencetak uang yang sebenarnya. Maka jangan heran jika para marketing executive biasanya lebih tajir dari pekerja operasional perusahaan. Lalu bagaimana dengan marketer digital? Balik ke point sebelumnya, zaman sekarang banyak lho perusahaan yang rela mengeluarkan budget tinggi untuk memakai vendor digital marketer demi kemajuan pemasarannya.

Lantas, jika menjadi marketer digital sudah sesimpel ini, masi kah anda ragu untuk memulai? Baiklah kalau begitu semoga apa yang kami tulis di sini bermanfaat untuk anda semua.

Cheers!