Keberadaan teknologi saat ini tak hanya mempermudah penyebaran informasi, namun juga mempermudah para pelaku usaha dalam melakukan promosi. Sayangnya, masih banyak pelaku usaha yang asal berpromosi tanpa paham menentukan target pasar. Padahal, target pasar sangat penting agar promosi yang dijalankan menghasilkan konversi tinggi.

Seberapa Pentingnya Menentukan Target Pasar

Target pasar merupakan kumpulan orang yang berpotensi membeli produk yang Anda tawarkan. Anda harus mengetahui terlebih dahulu siapa target pasar Anda agar promosi yang dijalankan tepat sasaran. Jika tidak, Anda mungkin hanya membuang waktu atau mendapat hasil tak maksimal dari hasil promosi.

Jika Anda menggunakan iklan berbayar, target iklan yang tak pas juga akan membuat Anda kehilangan banyak budget tanpa hasil yang pasti. Ibaratnya, mana mungkin Anda mendapatkan banyak pelanggan jika Anda menawarkan sesuatu pada orang yang tak membutuhkannya?

Cara Menentukan Target Pasar

Sudah tahu pentingnya menerapkan target pasar, tapi masih bingung bagaimana melakukannya? Tenang, Anda bisa memulai dari cara yang paling sederhana. Jika Anda sudah lama berkecimpung di dunia usaha, coba amati karakter para pelanggan Anda. Temukan apa kesamaan mereka. Kesamaan itulah yang bisa Anda jadikan kriteria dasar untuk menentukan segmen pasar usaha Anda.

Jika Anda baru memulai usaha, Anda bisa mengetahui target pasar Anda dengan memperhatikan jenis produk atau jasa yang ditawarkan. Analisa siapa yang kira-kira sangat membutuhkan, seberapa tinggi daya belinya, dan di daerah mana barang atau jasa yang Anda tawarkan banyak dibutuhkan.

Misalnya, Anda yang menjual peralatan memasak dapat mengetahui jika segmen pasar Anda adalah para ibu rumah tangga. Kemudian, analisa kembali dari sisi harga, siapa yang lebih cocok dengan produk rumah tangga yang Anda tawarkan, ibu rumah tangga dengan ekonomi menengah atau kalangan atas. Dengan menganalisa seperti apa karakter produk atau jasa yang ditawarkan, Anda akan lebih mudah menentukan target pasar Anda.

Setelah membaca ulasan di atas, sudah tahu cara mudah menentukan segmen pasar, bukan? Jadi, mulai sekarang jangan asal beriklan. Tujukan iklanmu hanya pada orang-orang yang berpotensi membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.