Pemasaran digital atau digital marketing bisa dikatakan sebagai semua upaya untuk memasarkan produk dan layanan melalui media internet. Pemasaran dalam pemasaran Internet tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga mencakup iklan untuk produk dan layanan baru, merek, dan membangun hubungan pelanggan.

Website

Saat ini, situs web adalah persyaratan paling penting untuk menang dalam persaingan digital. Data menunjukkan bahwa 97% konsumen mencari produk dan layanan yang digunakan melalui Internet. 70% dari mereka mencari perbandingan harga dan fitur yang ditawarkan dengan produk atau layanan serupa. 88% bahkan membuat keputusan untuk membeli setelah membaca ulasan produk dan layanan terlebih dahulu. Anda juga dapat mengatakan bahwa situs web adalah “toko digital” untuk perusahaan Anda yang bahkan dapat menggantikan keberadaan toko fisik atau tim penjualan konvensional. Tugas utama situs web dalam pengembangan perusahaan Anda adalah:

  • Menunjukkan profesionalisme perusahaan Anda
  • Bantu pelanggan memahami produk atau layanan Anda
  • Sebagai “perwakilan penjualan” 24 jam
  • Media yang menjual produk atau layanan Anda dengan lebih mudah
  • Materi iklan yang lebih murah dan lebih efektif

Search Engine Marketing

Pemasaran mesin pencari atau search engine marketing adalah upaya untuk membuat situs web perusahaan Anda mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Untuk berada di halaman pertama mesin pencari kelas Google, dibutuhkan waktu lama dan teknik khusus untuk mengimplementasikannya. Pemasaran mesin pencari juga memiliki dua kategori, kategori organik dan non-organik. Kategori organik, sering disebut sebagai optimasi mesin pencari (SEO), yang relatif murah, bahkan dapat dilakukan secara gratis, tetapi membutuhkan waktu lebih lama karena peringkat investasi jangka panjangnya. Sementara pemasaran mesin pencari berbayar (SEM) akan membuat situs web kami di posisi teratas oleh Google jauh lebih cepat. Berikut adalah contoh dan perbedaan antara SEO dan SEM di mesin pencari Google.

Social Media Marketing

Meningkatnya penggunaan media sosial untuk berbagai keperluan seperti sarana komunikasi, pertemuan komunitas dan bahkan sebagai media untuk mencari informasi kini semakin dioptimalkan oleh para wirausahawan sebagai sarana mempromosikan bisnis mereka. Penyebaran berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, Youtube dll. Mempercepat penyebaran informasi dan menjangkau lebih banyak orang. Selain itu, pemasaran media sosial juga populer karena dapat dilakukan dengan biaya minimal dan bahkan gratis. Selain untuk meningkatkan merek perusahaan, media sosial juga digunakan sebagai sarana komunikasi dan interaksi antara perusahaan dan konsumen.

Online Advertising

Iklan online adalah kampanye media atau iklan online dengan biaya tertentu. Periklanan online sendiri menawarkan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan Anda, termasuk: B. Iklan display, iklan media sosial, PPC, iklan YouTube dan banyak lagi. Meskipun tingkat keberhasilan penjualan iklan online lebih memuaskan karena Anda dapat menentukan kelompok sasaran yang akan melihat iklan ini, pemilihan iklan online jauh lebih mahal, meskipun dibandingkan dengan media luar rumah seperti papan iklan, papan tanda , Stan dan media iklan televisi.

Email Marketing

Setelah Anda membuat daftar pelanggan di situs web, pemasaran email adalah langkah berikutnya dalam promosi penjualan untuk mempertahankan pelanggan potensial ini dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda. Dengan pemasaran email, Anda dapat memberikan informasi terbaru tentang program periklanan yang sedang berlangsung dan memperkenalkan produk atau layanan baru Anda. Pemasaran email juga berarti bahwa pelanggan Anda tidak pernah ketinggalan informasi tentang perusahaan Anda, seperti kegiatan dan berita terbaru.

Video Marketing

Cara yang lebih efektif untuk menyampaikan informasi tentang produk dan layanan perusahaan Anda adalah dengan menggunakan pemasaran video. Pemasaran video adalah media periklanan paling efektif karena dapat berisi lebih banyak informasi, tetapi dengan cara yang menarik dan mudah diingat. Pemasaran video yang dapat dibuat dalam format nyata untuk animasi 2D dan 3D berguna dalam beberapa cara:

  • Sebagai profil perusahaan video yang menjelaskan bisnis Anda
  • Jelaskan bagaimana produk itu bekerja dan bagaimana menggunakannya
  • Lihat testimonial pelanggan dan ulasan mereka tentang bisnis Anda
  • Sebagai media kreatif untuk mengiklankan produk dan layanan Anda