Siapa yang tidak kenal aplikasi keren satu ini? Sepertinya tidak ada yang tidak tahu tentang si gagah Instagram bukan? Bahkan saat ini instagram menjadi platform terpopuler di seluruh dunia yang ditunjukkan dengan meningkatnya pengguna dari waktu ke waktu. Dari Instagram, kita dapat mengetahui apa saja yang menjadi trend masa kini secara real-time. Bahkan kita dapat berinteraksi secara intens melalui direct message, live streaming dan komentar-komentar bersama seluruh warga di dunia baik yang dikenal maupun tidak.

Ingin sukses memulai bisnis lewat Instagram? Pelajari tips keren berikut ini!

Bagi sebagian pengguna, Instagram bukan hanya digunakan untuk bersenang-senang, namun juga tempat mencari sebongkah berlian lho! Banyak kisah di sekitar kita yang sukses berbisnis hanya dengan mempromosikan produk jualannya via Instagram. Nah oleh karena itu yuk kita intip jurus-jurus kece berbisnis lewat Instagram berikut ini.

  1. Buat akun khusus bisnis

Memisahkan akun bisnis dengan akun pribadi sangatlah penting. Pada akun bisnis maka Anda lebih mudah terhubung dengan pelanggan Anda karena ada fitur khusus yang mengarahkan pelanggan untuk dapat menghubungi anda melalui sms, telepon atau email. Bahkan Anda bisa memanjakan para pelanggan dengan menunjukkan arah lokasi toko offline jika ada, asik bukan? Selain itu, di akun bisnis Anda bisa melihat insight followers Anda setiap harinya, siapa saja yang melihat akun Anda hari ini, dan lain-lain.

  • Rapikan feeds

Pada akun pribadi, Anda dapat bebas memposting apa saja meski tanpa aturan, namun di akun bisnis sebisa mungkin Anda buat feed semenarik mungkin, kalau bisa dengan desain-desain lucu dan simetris. Hal ini berpengaruh dalam menarik pengunjung serta menaikkan engagement.

  • Rajin posting konten

Percaya deh, intagram yang sepi-sepi saja tidak mungkin menarik followers berdatangan bukan? Nah maka dari itu rajin-rajinlah posting konten yang ciamik. Tak harus melulu soal produk, tapi juga tips dan trik, lalu sharing session, atau yang lainnya.

  • Rajin upload story dan live streaming terkait produk

Gunanya rajin posting video story dan live streaming adalah untuk menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa produk yang kita miliki adalah asli, orisinil, dan terpercaya. Hal-hal yang setidaknya perlu dimasukkan ke dalam story Instagram yaitu :

  1. Proses pembuatan produk (jika ada)
  2. Proses packing produk
  3. Ramainya pembeli (jika sedang ramai maka ambil video real time atau streaming)
  4. Sertifikasi produk (jika ada)
  5. Testimoni pelanggan eksisting
  • Beri give away

Percaya atau tidak masyarakat kita ini terlalu senang dengan yang namanya gift loh! Maka sekali dengar kata-kata give away dijamin penjualan langsung melonjak seketika. Gift itu sendiri tidak perlu yang mahal dan disarankan beri beberapa produk best seller kita dengan syarat-syarat tertentu. Gak nahan kan?

  • Follow akun-akun besar dan atau influencer

Followlah (tanpa unfollow) akun-akun yang berpengaruh di sosial media. Selebgram, influencer, food blogger, ataupun tokoh-tokoh publik lainnya. Tapi ingat! Jangan asal spam di akun mereka ya guys!

  • Intens berinteraksi

Ini menandakan bahwa akun IG bisnis Anda selalu aktif dan dimaintain dengan baik. Jawablah komentar-komentar serta direct message yang masuk ke akun Anda dengan ramah dan fast respon. Ingat selalu bahwa mereka-mereka yang memberi komentar itu adalah calon pelanggan potensial Anda!

  • Manfaatkan endorser dan paid promote

Selain memfollow akun dari tokoh-tokoh besar atau public figure, sesekali boleh kok kita mengeluarkan budget untuk endorse beberapa selebgram, atau jika budget kita terbatas carilah akun-akun yang biasa mereview suatu produk tanpa bayaran besar atau hanya diberikan produk kita dengan gratis.

Mengapa menggunakan paid promote?

  • Jangkauan luas
  • Cepat
  • Tepat sasaran
  • Efektif
  • Tertarget
  • Tambahkan hashtag yang sesuai

Sebisa mungkin rajin-rajinlah menggunakan hashtag yang sesuai dengan bisnis kita. Tapi tidak perlu terlalu lebay, tak perlu banyak asal teratur dan rapi serta sesuai dengan posting Anda. Gunakan hashtag yang banyak dicari orang terutama di bidang bisnis Anda. 

Nah bagaimana kawan? Tidak sulit bukan menjalankan bisnis lewat Instagram? Apapun bisa dilakukan asal ada niat dan usaha. Good luck!