Hashtag merupakan tagar yang membentuk tanda pagar (#) yang semakin banyak digunakan di media sosial seperti Twitter dan juga Instagram. Hashtag digunakan untuk menggolongkan tema atau topik yang lebih spesifik dalam media sosial, dan di sisi lain hashtag juga memudahkan orang lain untuk mencari topik yang saling berhubungan. Dalam dunia digital, konten digital khusus pemasaran di media sosial, hashtag berguna untuk mengelompokkan tema atau informasi produk agar orang lain atau calon pelanggan dapat menemukan informasi yang Anda sampaikan pada artikel dengan hashtag tertentu.

Jika Anda mempunyai bisnis online serta menggunakan Instagram sebagai media promosi maka Anda harus menggunakan hashtag di setiap postingan produk yang Anda jual. Contohnya jika Anda menjual barang berupa kado ulang tahun dan wisuda, baju, sepatu, atau tas wanita. Maka Anda boleh memberi hastag #happykado #bajuwanita #sepatuwanita #taswanita dalam postingan.

Ini gunanya adalah jika ada pengguna Instagram lain (bukan pengikut Anda) ingin membeli barang-barang secara online, mereka cukup mencarinya dengan hashtag nama barang yang diinginkannya tersebut. Nah, dari situ nanti foto dagangan Anda akan ditemukan oleh si pencari itu.

Hashtag juga akan membuat para pengunjung atau pembaca konten untuk mengetahui inti dan tujuan dari promosi Anda. Selain menggunakan hashtag yang berfungsi seperti #tas #baju #sepatu #celanamurah dan lain-lain. Pelaku bisnis juga dapat dibuat sendiri hashtag yang menjadi ciri khas dari produk yang dipasarkan. Dengan demikian, tidak langsung tagar khusus ini akan memperkuat merek Anda. Perusahaan yang didukung harus menyediakan jaringan yang disediakan oleh pelanggan untuk mengetahui produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.