Pemasaran berbasis digital sebenarnya sudah berkembang sejak lama. Namun menuju tahun 2020, teknik pemasaran di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang bisa dikatakan sangat signifikan khususnya dalam hal digital marketing. Sebab Digital marketing di Indonesia semakin menjangkau secara luas di dunia pasar atau pemasaran, dengan hasil yang luar biasa. Hal ini dibuktikan dari perkembangan digital di Indonesia, salah satunya ditunjukkan oleh sosial media yang mana negara Indonesia tercatat sebagai negara pengguna yang selalu aktif di setiap harinya.

Sehingga jika berbicara tentang perkembangan digital marketing yang ada di Indonesia untuk tahun depan, kemungkinan akan meningkat. Hal ini dikarenakan banyak orang atau bahkan perusahaan besar mulai turun menggunakan digital marketing dan meluaskan pemasarannya tanpa menghilangkan cara lama yang dinilai tidak terlalu efektif, tetapi tetap dapat memberikan kontribusi income untuk perusahaan. Dengan hadirnya platform digital yang semakin beragam, dipastikan bahwa tahun 2020 nanti tren digital marketing akan semakin naik dan banyak user yang mengoptimalkan penggunaan platform digital untuk berbisnis.

Mengapa digital marketing di Indonesia akan tetap menjadi tren di tahun 2020? Alasannya adalah digital marketing memang bisa meningkatkan awareness, namun selain itu juga bisa menyalurkan kelebihan yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau brand. Jadi tidak heran jika di tahun 2020 nanti akan banyak user yang menggunakan pemasaran berbasis media digital tersebut. Tidak hanya itu, pola kompetisi yang ditunjukkan saat ini oleh para user memang tertuju pada melakukan iklan di dunia digital. Sehingga di tahun depan para user ini akan berkutat pada perluasan jangkauan promosi hingga optimalisasi penanaman image brand atau perusahaan, supaya bisa mengajak para pengunjung untuk menjadikan barang atau jasa yang ditawarkan oleh brand atau perusahaan tersebut menjadi penting untuk dibeli.

Melihat Perkembangan Digital Marketing di Indonesia tahun 2019

Menuju tahun 2020, Anda bisa mengambil gambaran dari tahun 2019 yang mana pada tahun tersebut digital marketing dilakukan dengan cara melalui konten-konten yang bisa dikatakan cukup menjenuhkan untuk sebuah timeline di sosial media. Oleh sebab itu, kemungkinan di tahun 2020 cara tersebut akan ditinggalkan dan digantikan dengan yang berbeda. Lalu bagaimana caranya? Yaitu dengan cara para marketer memproduksi konten-konten yang dapat mewakili brand atau perusahaan secara menarik dan meningkatkan benefit suatu produk atau jasa yang ditawarkan tersebut. Sehingga tidak hanya konten yang berisi hard selling yang hanya menjual harga. Jadi dengan cara baru ini, dinilai lebih worth it untuk menarik pangsa pasar digital sehingga tertarik dengan brand atau perusahaan tersebut.

Sebab mayoritas pengunjung cenderung merasa jenuh dengan konten-konten marketing yang masif atau terlalu bersifat pasif dan hanya selling dengan banyak gimmick yang hanya berkutat di sana saja. Ditambah lagi banyaknya konten yang tidak mengutamakan nilai original yang mana justru memberikan kesan penjiplakan, sehingga terlihat marketing yang satu dengan lainnya mempunyai kesamaan yang tidak jauh berbeda.

Jadi dengan melihat hal tersebut, membuat para marketer dan juga perusahaan harus mengatasi tantangan dalam memproduksi konten-konten yang kreatif degan sifat yang lebih soft selling untuk digunakan pada tahun depan. Supaya user atau pengunjung yang melihat merasa senang dengan apa yang dimiliki dan ditawarkan oleh brand atau perusahaan tersebut. Cara digital marketing yang bisa dicoba untuk melakukan pengembangan di tahun depan ialah antara lain:

  • Comic Strip
  • Info Grafis
  • Motion Grafis
  • Web Series
  • Atau Storytelling menggunakan Motion atau Video

Lalu apakah hanya itu saja perkembangan digital marketing yang perlu diperhatikan untuk tahun depan? Sebenarnya tidak hanya itu, karena jika Anda melihat perkembangan teknologi tahun 2020 memungkinkan adanya titik balik dari teknologi algoritme perangkat lunak. Sebab di tahun 2019 terdapat teknologi algoritme yang dikenal dengan nama AI atau Artificial Intelligence, yang mana ini bisa menciptakan skenario menarik dalam memaksimalkan digital marketing.

Sehingga dengan adanya cara baru atau inovasi pada dunia digital marketing akan sangat berguna bagi perkembangannya di tahun 2020 mendatang. Seperti itulah yang diperlukan agar digital marketing di Indonesia tetap berkembang secara luas dan memberikan hasil yang efektif bagi kemajuan suatu brand atau perusahaan.